Menyusui di Pesawat

9 bulan yang lalu      Hamil dan Menyusui

Di sini Makmin mau share pengalaman Makmin tentang mnyusui di pesawat ya.

Tapi, sekarang Makmin mau kasih penjelasan umum dulu tentang hal yg terkait bayi dalam penerbangan.
Oiya, kategori bayi di semua maskapai hampir semuanya sama. Yaitu penumpang dengan rentang usia 0-2 thn. Jangan ikutin kategori ala Mamak-mamak yaa... Selama belum punya pasangan, kita kadang masih suka anggep anak kita bayii... hihihi

Untuk tarif bayi biasanya jauh lebih murah dibanding tiket dewasa. Makanya cuma dibatesin sampe usia 2 thn ajaa... ?

Untuk penumpang yang terbang dengan bayi, biasanya kita nggak bisa check-in online. Kita diharuskan check in di bandara. Itung2an waktunya jangan sampe salah ya Moms.

Di pesawat, bayi nggak dapet tempat duduk sendiri. Jadi harus dipangku. Nanti Moms akan dapat sabuk pengaman dan jaket pelampung khusus bayi yg akan diambil lagi oleh pramugari begitu sampai di tujuan. Jangan dibawa pulang ya Moms, bisa2 nanti kena denda loh! Sabuk pengaman ini penting banget, kalo pramugarinya ga kasih, kita harus aktif minta ya.

Untuk penumpang dengan bayi juga ada aturannya tentang tempat duduk. Ga boleh duduk di pintu darurat dan jendela darurat. Dan selama Makmin naik pesawat, biasanya Makmin dikasih kursi di lorong.

Kalo berdasarkan pengalaman Makmin, biasanya penumpang dengan bayi akan dikasih kursi di lorong. Untuk yang mnyusui langsung, hati2 ya dgn orang2 yang lewat. Karena selain bisa terlihat dari atas (nursing cover model apapun selalu ada jaring2 untuk mngintip baby pada bagian atas), ga jarang juga baby kita tersenggol saat ada yg lewat.

Pengalaman Makmin bgt deh. Udah duduk manis, lagi asyik nenenin baby, eh ada orang2 yg usil gitu kyk pengen ngintip. Bikin risih banget. Untungnya saat itu ada Paksu, jd bisa langsung terhandle. Oiya, kalo kita terbang ga sendirian, misalkan sama Paksu, lebih baik kita duduknya tuker deh. Jangan di lorong. Untuk mnghindari hal2 yg ga kita inginkan.

Selanjutnya, barang2 yang kita butuhkan selama di pesawat, yang urgent, jangan ditaruh di kompartemen atas ya. Lebih baik taruh di bawah aja ya.
Tetap rileks apapun yang terjadi. Soalnya ngaruh banget ke hormon oxytocin. Tau kan, hormon yang sangat berpengaruh terhadap produksi ASI. Untuk yg duduk di kelas ekonomi, biasanya antriannya panjaang buat sampe ke tempat duduk. Dan kadang ada orang2 yg tingkah lakunya ajaib. Hal2 kyk gitu jangan dibikin stress ya Moms. Dibawa santai ajaa.

Kalo emang udah terlanjur stress, Makmin biasanya langsung keluarin senjata andalan. Jeng jeng jeng.... ABT travelpack! Hihihi. Soalnya enak banget, kemasannya praktis. Ga bikin bagasi penuh tapi bisa bikin ASI penuh ?

Dan jangan pernah sungkan minta bantuan pramugari kalo merasa kesulitan.



Sekarang Makmin mau bahas #menyusuidipesawat jarak jauh alias long haul.
Apa aja yang dibutuhin?
1. Nursing cover
2. Air minum yang banyak
3. Bantal bayi
4. Apapun yg bisa bikin rileks, ABT travelpack misalnya
5. Diaper bag yang bisa dijadiin ganjelan kaki waktu tidur

Makmin share pengalaman Makmin ya Moms.
Makmin pernah nyoba naik pesawat terbang selama 11 jam (ini penerbangan terlama yg pernah Makmin cobain bareng baby). Dan biasanya kalo long haul flight itu terbangnya tengah malem. Jadi mau ga mau kita pasti tidur selama di pesawat.

Kalo duduk di kelas bisnis sih udah pasti enak yaa. Kursinya bisa di recline sampe 180 derajat, jadi udah berasa tidur di tempat tidur. Sebenernya agak berasa sempit juga sih krn harus berbagi sama baby. Tapi ya alhamdulillah tetap nyaman. Enaknya lagi, selama tidur, seat belt tetep bisa dipasang. Punya kita, ataupun punya baby. Kalo ada warning, kita tetep bisa tidur nyenyak.

Nah selama tidur itu Makmin tetep pake nursing apron. Pas mnyusui, kepala baby Makmin tutupin pake apron. Jd PD kita tetep bisa tertutup ya. Barang2 yg dibutuhin biasanya Makmin taruh di kompartemen bawah. Jadi ga perlu ribet berdiri buat ambil2.

Oiya, kalo duduk di kelas bisnis, poin no. 3 dan 5 bisa dihapus yaa.. poin no. 4 pun kayaknya udah ga terlalu perlu. Karna Moms pasti rileks deh ?? Kalo duduk di kelas ekonomi, hal paling penting adalah jangan pernah lupa buat request baby bassinet dari jauh2 hari ya Moms. Kelebihan pake baby bassinet adalah baby ga perlu kita gendong terus selama terbang, bisa kita taruh di baby bassinet, selain itu, otomatis kita dapet tempat duduk paling depan, karna tempat duduk paling depan = extra legroom = bisa selonjorin kaki ???. Itulah kenapa kita butuh poin no. 5 itu yaa...

Kekurangannya, kalo ada warning seat belt harus dipake, baby harus kita ambil dan digendong. Krna bahaya klo ditaruh di baby bassinet.

Nursing apron (poin no.1) selama perjalanan Makmin selalu pake, ga pernah dicopot. Jadi begitu baby nangis minta nenen, yah Makmin tinggal ambil baby nya dari baby bassinet, susuin deh. Klo perlu, selama mnyusui, kepala bayi bisa diganjel pake bantal bayi (poin no.3), supaya ga terlalu pegel tangan kita ya Moms karna harus nahan berat bayi.

Moms, cukup sekian ya share pengalamannya Makmin. Kalo ada yg mau ditanyain, bisa langsung komen aja yaa.. atau langsung dm. Kalo mau share pengalaman nya juga, boleh banget laaah... makmin tunggu yaa..



Artikel Terkait


Artikel terkait tidak ditemukan

Komentar Artikel "Menyusui di Pesawat"